Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran

persiapan mudik lebaran

Bahaya jika keuangan rumah tangga tidak diatur pengeluaraannya berkenaan dengan mudik lebaran. Jika tak diatur dengan cermat dan teliti, bisa-bisa pengeluaran membengkak dan kondisi keuangan tak sampai gajian bulan depan. Mengingat setiap lebaran tiba, semua biaya menjadi naik, mulai dari tiket perjalanan kendaraan umum, sampai kebutuhan lainnya yang tidak berkaitan dengan mudik lebaran juga ikut naik, seperti harga sembako dan pakaian busana muslim.

Secara sederhana, tabungan atau simpanan dana keluarga harus dibagi 3, yaitu biaya perjalanan mudik lebaran, biaya saat mudik lebaran dan biaya paska mudik lebaran. Sebaiknya penanggung jawab setiap post, dipegang oleh orang yang berbeda. Untuk biaya perjalanan mudik bisa dipegang oleh Ayah, dan biaya saat mudik lebaran dipegang oleh ibu, serta biaya setelah/paska lebaran bisa disimpan/ditabung di bank. Hal ini agar sipenanggungjawab bisa konsentrasi terhadap postnya masing-masing. Untuk anggaran transportasi, uang lebaran untuk keluarga di kampung, rekreasi termasuk makan diluar dan biaya tak terduga lainnya, sebaiknya minimal 10% dari total anggaran yang akan diajukan.

6 Tips Mengatur Keuangan Saat Mudik Lebaran

1. Anggaran biaya untuk mudik lebaran, sebaiknya tidak menggunakan gaji bulanan. Gunakan dana dari THR dan tabungan dana yang dikumpulkan untuk mudik lebaran.

2. Pertimbangkan transportasi yang akan digunakan untuk mudik lebaran jauh-jauh hari, agar bisa memperkirakan biaya yang akan keluar untuk membeli tiket perjalanan mudik. Akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga yang bisa jauh lebih murah biayanya dibanding transportasi umum.

3. Bawalah uang cash secukupnya, perkirakan cukup untuk kebutuhan perjalanan mudik dan balik lebaran serta saat di kampung nanti.

4. Saat perjalanan mudik, simpanlah uang tunai tidak di satu tempat saja, pisahkan menjadi beberapa post yang disimpan di tempat yang berbeda, bisa di dalam tas, di saku celana, di dompet, dimasukkan di tas anak, dll.

5. Tetap bawa kartu ATM, kartu debet, kartu kredit, jika Anda takut memawa uang banyak. Selain itu kartu-kartu ini akan digunakan jika ada kebutuhan mendadak yang butuh uang banyak.

6. Jika membawa kendaraan pribadi sebelum perjalanan mudik lebaran, lakukanlah pengecekan kendaraan Anda dengan membawanya ke tempat service terdekat. Hal ini bertujuan agar kendaraan tidak mogok atau terjadi kerusakan lain di jalan raya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: